Candi Prambanan

Candi Prambanan - Hallo sahabat setia Dunia Informasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Candi Prambanan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gaya hidup, Artikel wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Candi Prambanan

candi prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara yang  berdiri megah di Jawa Tengah, tidak jauh dari Yogyakarta. Candi Prambanan terletak tidak terlalu jauh dengan Candi Borobudur yang juga merupakan candi Budha terbesar dan paling terkenal di dunia. Seperti Borobudur, Candi Prambanan juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.
Legenda Bandung Bondowoso serta Rara Jonggrang

Menurut legenda turun menurun dalam masyarakat Jawa Tengah, Candi Prambanan didirikan oleh Bandung Bondowoso demi memperoleh Rara Jonggrang yang merupakan putri cantik dari raja Kerajaan Prambanan yang sudah dijajah oleh Bandung Bondowoso. Apabila Rara Jonggrang menolak lamaran Bandung Bondowoso, jadi Kerajaan Prambanan bakal terus menderita, sedangkan Rara Jonggrang tak menyukai Bandung Bondowoso.

Singkat cerita, Rara Jonggrang memberitahu bahwa ia bersedia menjadi istri Bandung Bondowoso dengan satu syarat, yaitu Bandung Bondowoso membangun seribu candi dalam waktu satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi serta berupaya membangung seribu candi dengan bantuan jin. Malam itu juga, Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan seribu candi permintaan Rara Jonggrang.

Rara Jonggrang ketakutan karena menonton permintaannya bisa dipenuhi Bandung Bondowoso. Sampai akhirnya dengan bantuan para dayang, Rara Jonggrang membakar jerami di segi timur serta menumbuk padi jadi menciptakan suasana menjelang pagi. Karena menonton hari menjelang pagi, para jin ketakutan serta lari meninggalkan pekerjaan membikin seribu candi.

Keesokan paginya, Rara Jonggrang bersama Bandung Bondowoso menghitung jumlah candi yang sudah sukses dibuat. Nyatanya tak mencapai seribu candi, melainkan hanya ada 999 candi yang sukses dibangun oleh Bandung Bondowoso dengan pasukan jin. Karena gagal memenuhi persyaratan dari Rara Jonggrang serta akhirnya dirinya tahu bahwa kegagalannya karena kecurangan Rara Jonggrang, jadi Bandung Bondowoso mengutuk Rara Jonggrang menjadi arca batu terindah untuk melengkapi menjadi seribu candi.

Akhirnya Rara Jonggrang menjadi arca Durga Mahisashuramardini yang tersedia di ruang utara dari candi mutlak di Candi Prambanan. Itu sebabnya Candi Prambanan tak jarang juga disebut oleh masyarakat kurang lebih sebagai Candi Rara Jonggrang. Sedangkan Candi Sewu (candi Budha) yang berada tak jauh dari Candi Prambanan dianggap sebagai 999 candi lainnya yang sukses dibangun Bandung Bondowoso.


Sejarah Candi Prambanan

Ajaran agama Hindu mempunyai tiga dewa mutlak yaitu Brahma (dewa pencipta), Wishnu (dewa pemelihara), serta Siwa (dewa pemusnah). Candi Prambanan dibangun untuk memuliakan dewa Siwa. Itu sebabnya nama orisinil Candi Prambanan merupakan Siwagrha yang berarti "Rumah Siwa".

Candi Prambanan dibangun oleh wangsa alias dinasti Sanjaya dalam rentang waktu yang mirip dengan Candi Borobudur yaitu kurang lebih abad ke-8 serta ke-9 masehi. Tujuannya merupakan untuk menandingi kemegahan Candi Borobudur yang dibangun oleh wangsa alias dinasti Syailendra yang beragama Budha.

Rakai Pikatan merupakan raja yang mulai membangun Candi Prambanan pada tahun 850 masehi. Rakai Pikatan merupakan keturunan Sanjaya. Sanjaya merupakan pendiri Kerajaan Medang alias Kerajaan Mataram Kuno. Kemudian dalam Kerajaan Medang tersedia dua dinasti alias wangsa, yaitu dinasti Syailendra yang beragama Budha Mahayana serta sukses membangun Candi Borobudur serta dinasti Sanjaya yang beragama Hindu Siwa yang juga sukses membangun Candi Prambanan.

Kompleks Candi Prambanan terus dibangun oleh raja-raja penerus Rakai Pikatan dengan membangun ratusan candi tambahan di kurang lebih candi utama. Beberapa upacara penting Kerajaan Mataram serta upacara Hindu dilakukan di Candi Prambanan sejak waktu itu.
Hilang serta Ditemukan Kembali

Sejak abad ke-9, Candi Prambanan mulai ditinggalkan karena ibukota Kerajaan Mataram pindah ke Jawa Timur. Lalu dampak letusan Merapi serta gempa bumi pada abad ke-16, bangunan Candi Prambanan runtuh. Tetapi reruntuhan candi tetap dikenali masyarakat kurang lebih serta dimulailah legenda Rara Jonggrang yang berkembang di masyarakat Jawa Tengah.

Candi Prambanan mulai ditemukan kembali serta menjadi perhatian para sejarawan pada tahun 1811, ketika Colin Mackenzie yang bekerja untuk Sir Thomas Stamford Raffles (masa pendudukan Inggris di Indonesia) menemukan Candi Prambanan. Tetapi candi ini tetap tetap tak terurus bahkan tak sedikit arca serta batuan candi diambil.

Barulah pada tahun 1918, Candi Prambanan mulai dipugar. Rekonstruksi candi mutlak yaitu Candi Siwa berakhir pada tahun 1953 serta diresmikan oleh Presiden Soekarno. Serta pada tahun 1991, UNESCO memasukan Candi Prambanan sebagai Website Warisan Dunia.


Kemegahan Candi Prambanan
Kompleks Candi Prambanan terdiri atas 240 candi. Bentuk candi yang menjulang tinggi merupakan ciri khas candi Hindu serta mempunyai 3 zona yaitu:

  •     Bhurloka
    Yaitu zona terendah, tempat manusia, hewan, serta juga iblis. Zona ini mencakup halaman terluar serta kaki candi.
  •     Bhuwarloka
    Yaitu zona tengah, tempat orang suci serta pertapa. Zona ini mencakup halaman tengah serta bangunan candi.
  •     Swarloka
    Yaitu zona tertinggi, tempat para dewa. Zona ini mencakup halaman dalam serta atap candi berupa ratna (mirip dengan bentuk stupa di candi Budha).

Candi Siwa merupakan bangunan yang terbesar serta merupakan bangunan mutlak di kompleks Candi Prambanan. Ketinggiannya mencapai 47 meter. Itu sebabnya candi ini ditujukan untuk dewa Siwa. Ada juga bangunan candi yang besar untuk dewa Brahma serta dewa Wisnu yang tak sebesar candi untuk dewa Siwa. Ketiga bangunan candi ini disebut Candi Trimurti.

Lalu di dekat ketiga candi utama, tersedia tiga candi yang berkapasitas besar tetapi tak sebesar Candi Trimurti. Candi ini disebut sebagai Candi Wahana yang terdiri atas Candi Nandi, Candi Garuda serta Candi Angsa.

Selain itu, tersedia juga candi-candi lain mengelilingi Candi Trimurti serta Candi Wahana, semacam 2 buah Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok serta 244 Candi Perwara yang berkapasitas kecil.


Museum Candi Prambanan

Selain kompleks Candi Prambanan, di sini juga bisa dijumpai Museum Candi Prambanan yang menyajikan beberapa batu serta arca yang ditemukan di kurang lebih komplek Candi Prambanan. Tersedia juga replika dari harta karun yang ditemukan di kompleks Candi Prambanan.


Candi Prambanan

Candi Prambanan serta Candi Borobudur merupakan dua buah candi yang begitu megah yang berdiri di Indonesia. Bangunan Candi Prambanan serta Candi Borobudur memperlihatkan kehebatan masyarakat Indonesia membikin bangunan megah dengan arsitektur yang sangat rumit sejak zaman du


Demikianlah Artikel Candi Prambanan

Sekianlah artikel Candi Prambanan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Candi Prambanan

Subscribe untuk dapatkan berita menarik lainnya:

0 Response to "Candi Prambanan"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini, komen ada akan sangat membantu bagi kami untuk menyempurnakan blog ini. Trima Kasih :)