Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho

Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho - Hallo sahabat setia Dunia Informasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gaya hidup, Artikel wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho

Wisata jalur sejarah Cheng Ho setidaknya luar biasa perhatian wisatawan Cina. Data Kementerian Pariwisata Indonesia mengungkapkan, jumlah wisatawan asal Cina yang berkunjung ke Indonesia per Maret 2015 meningkat menjadi 26.647 orang. Angka itu menjadikan Cina sebagai peringkat kedua, menggeser posisi wisatawan asal Singapura yang saat ini berada di posisi lima dari 10 negara yang menjadi pasar mutlak Indonesia.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya mengatakan, pihaknya terus mendorong wisatawan Cina datang ke Indonesia dengan beberapa upaya. Salah satunya dengan diluncurkannya wisata sejarah Jalur Samudera Cheng Ho (JSC) di Batam belum lama ini.

“Wisata Sejarah Jalur Cheng Ho telah menjadi perhatian media di Cina serta diinginkan bakal menjadi promosi yang manjur untuk luar biasa wisman dari kawasan Asia khusus dari Cina. Tidak hanya itu  terus bertambahnya penerbangan langsung dari kota-kota besar di China ke sejumlah destinasi di Indonesia semacam Bali serta Jakarta, juga mendorong meningkatnya kunjungan wisman Cina,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam siaran pers yang diterima Gulalives.com, Minggu (3/5).

Laksamana Cheng Ho merupakan pemimpin ekspedisi pelayaran Cina mengelilingi benua Asia serta Afrika untuk menunjukan keagungan Dinasti Ming terhadap dunia. Ekspedisi petualangan antarbenua yang dipimpin Cheng Ho selagi 28 tahun (1405 M -1433 M) itu berjalan dalam tujuh kali pelayaran. Menurut Matt Rosenberg, seorang pakar geografi terkemuka dunia, tidak tidak lebih dari 30 negara di benua Asia serta Afrika disinggahi laksamana beragama Islam tersebut. Jarak tempuh ekspedisi yang dipimpin Cheng Ho mencapai 35 ribu mil.

2 Juta Wisatawan

Hemm, mau tahu bagaimana serunya wisata Jalur Laut Sutra napak tilas pelayaran samudra Laksamana Cheng Ho? Wow, destinasi wisata baru ini nyatanya terdiri dari sembilan serial, mulai Aceh sampai Bali. Persisnya, wisatawan bisa mengunjungi jejak-jejak pendaratan serta peninggalan Laksamana Cheng Ho,mulai dari Aceh, Batam, Palembang, Belitung, Jakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya, serta Bali.

Di Aceh misalnya, tersedia Lonceng Cakra Donya yang tergantung di pintu masuk Museum Aceh. Lonceng raksasa berbentuk stupa dengan hiasan tulisan Arab serta Cina itu merupakan pemberian Kaisar Yongle yang dibawa ke Aceh oleh Laksamana Cheng Ho kurang lebih 1414 M.

Berlanjut ke Palembang, tersedia Masjid Cheng Ho yang dibuat masyarakat kurang lebih untuk mengenang jasa Laksamana Cheng Ho yang disebut berjasa bagi Kerajaan Sriwijaya seusai menumpas perompak asal Kanton, Chen Tsu Ji.

Di Semarang, ada Klenteng Sam Po Kong, yang dipercaya sebagai tempat persinggahan serta pendaratan pertama Sang Laksamana.

“Saat melintasi Laut Jawa, tidak sedikit awak kapal Cheng Ho yang jatuh sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh, ke Semarang untuk berlindung,” cerita Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), wisata serial pelayaran Cheng Ho ditempatkan di Golden City Bengkong. Di kompleks wisata itu telah ada replika kapal Cheng Ho yang dibuat pihak swasta. Serta kini dalam bagian pembangunan Masjid Cheng Ho.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimis, terobosan tersebut dapat
memberikan kontribusi yang besar terhadap kunjungan wisman ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman. “Bila tahun lalu kunjungan wisman Cina kurang lebih 900 ribu, tahun ini kami dorong supaya menjadi 2 juta wisman,” ungkap Menpar Arief Yahya


Demikianlah Artikel Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho

Sekianlah artikel Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho

Subscribe untuk dapatkan berita menarik lainnya:

0 Response to "Wisman Cina Meningkat Dikarenakan Jalur Ceng Ho"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini, komen ada akan sangat membantu bagi kami untuk menyempurnakan blog ini. Trima Kasih :)