Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran

Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran - Hallo sahabat setia Dunia Informasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran


Langit Wonosobo lebih berwarna dari biasanya. Belasan balon warna-warni yang mengudara mengajak sorak sorai masyarakat yang berada di bawahnya. Inilah tradisi Lebaran di Wonosobo, lepas balon!

Ya, tidak hanya silaturahmi ke kerabat, masyarakat Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mempunyai tutorial unik dalam merayakan lebaran. Mereka melepas balon tradisional ke udara.

Tradisi lepas balon ini telah ada sejak dahulu kala. Sejumlah warga orisinil Wonosobo, hingga-sampai tidak dapat mengingat betul kapan pertama kali festival ini pertama kali diadakan.

"Dari saya kecil, tradisi lepas balon ke udara telah ada," ucap Siti, perempuan orisinil Wonosobo, Minggu 19 Juli 2015.

Konon, tradisi lepas balon itu diadakan untuk mengganti 'ritual' petasan yang bikin bising. "Selain itu untuk mempererat kekerabatan sebab warga sehingga berkumpul untuk menerbangkan balon," kata Yenni, warga Wonosobo lainnya.

Di kurang lebihan wilayah Kretek, Wonosobo, warga di Minggu pagi, beramai-ramai melepas balon ke udara. Ada balon yang kokoh membumbung tinggi, ada pula yang dengan cara perlahan turun ke bawah.

Balon yang diluncurkan ini sangat sederhana, serta pasti saja tanpa awak. Jangan bayangkan balon ini semacam balon udara dengan bahan parasit yang sanggup membawa beban berlebih. Balon sederhana khas Wonosobo ini bahan pembuatannya sangat mudah ditemukan, yakni kertas minyak, benang, bandul, kawat, lem serta kompor (sumbu).

Tampak di salah satu lapangan yang ada di pinggir jalan, warga berbondong-bondong menggotong balon dari perpaduan sejumlah kertas minyak serta bersiap untuk menerbangkannya. Untuk menerbangkan balon ini, terbukti diperlukan lumayan tidak sedikit orang.

Ada yang menyiapkan tempat peluncuruan berupa suatu  cerobong kecil serta dua tiang bambu yang dipakai untuk menggantung tahap ujung balon tertinggi. Ada juga yang wajib menyiapkan balon dari transportasi hingga posisi di atas tungku. Udara panas yang dihasilkan dari pembakaran kayu serta jerami pada garangan membikin balon dapat mengembang.

Dan balon pun membumbung tinggi.. warna warni kertas minyak yang menjadi dinding balon udara ini menghiasi langit Wonosobo.

Sebetulnya, apa yang tersaji di Minggu pagi ini baru sebatas pemanasan. Wonosobo mempunyai festival balon udara tahunan untuk merayakan HUT kabupaten tersebut.


Demikianlah Artikel Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran

Sekianlah artikel Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran

Subscribe untuk dapatkan berita menarik lainnya:

0 Response to "Tradisi Lepas Balon di Wonosobo Ketika Lebaran"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini, komen ada akan sangat membantu bagi kami untuk menyempurnakan blog ini. Trima Kasih :)