Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur

Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur - Hallo sahabat setia Dunia Informasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gaya hidup, Artikel wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur


Daerah Cianjur di Jawa Barat tengah terkenal dengan situs Gunung Padang. Beritanya, situs batu di Cianjur ini adalah situs megalitikum paling besar dan tertua di dunia. Kalau penasaran, langsung saja datang ke sana.

Situs Gunung Padang adalah tanda bahwa Indonesia mempunyai kebudayaaan yang jauh lebih maju dibanding kebudayaaan di belahan bumi lainnya. Dalam rentang waktu tahun 2010-2014, terungkap bahwa Gunung Padang adalah situs sejarah menyerupai Piramida.

M dengan ukuran 9 kali lebih besar di banding Borobudur yang dibangun 16.000 SM, dan jauh lebih tua dibandingkan piramida-piramida di Mesir sana. Batu di Gunung Padang bukan sembarang batu. Hampir semua batu di sana mempunyai bentuk geometri, tak hanya sekedar bongkahan batu semata.

Rata-rata batu disana berbentuk balok memanjang. Bayangkan bagaimana hebatnya orang zaman dahulu dapat memahat batu menjadi berbentuk balok dengan potongan yang rapi. Zaman dulu, beritanya situs ini adalah tempat pemujaan yang bentuknya punden berundak dengan 5 tingkatan.

Saat ini disediakan dua jalan untuk menuju ke atas Gunung Padang. Seusai bayar tiket masuk sebesar Rp 2.000, silahkan memilih antara jalur ziarah alias jalur wisatawan. Konon jalur ziarah adalah rute orisinil yang dipakai masyarakat jaman dulu untuk meperbuat pemujaan dengan kemiringan mencapai 60 derajat.

Yang mengaku wisatawan memilih untuk memakai jalur wisatawan. Jalur ini telah dibangun tangga dengan railing, aman, meski pun masih membikin susah nafas saat berjumpa musuh bebuyutan saya, tangga dan tanjakan.

Di tahap atas, batu yang ditemukan tak hanya berbentuk balok, ada yang segilima, oval, tiang batu alias tugu yang dulunya dipakai sebagai menhir tempat memuja arwah nenek moyang. Bahkan ada berbagai batu yang bentuknya menyerupai senjata Kujang, dan batu dengan cetakan tapak harimau dan batu yang dapat berbunyi saat kami pukul.

Sangat disayangkan sampai sekarang tak dapat dipastikan apakah proses penggalian situs ini bakal semakin dilanjutkan alias dibiarkan terbengkalai semacam adanya sekarang. Pemandu-pemandu di sana juga tak dapat memastikan mengenai kelanjutan pemugaran situs paling besar se-Asia Tenggara ini.

Padahal dengan ditemukannya situs ini, setidaknya bangsa Indonesia dapat berbangga dan memperlihatkan pada dunia kalau Indonesia mempunyai kebudayaaan yang lebih maju.

Terbukti desain situs Gunung Padang tak seindah Borobudur. Tapi dengan cerita sejarah dibaliknya, setidaknya saat kami berada di sana kami dapat sedikit berimajinasi alangkah megahnya situs ini.

Jadi jangan dulu mencibir mengenai batu berserakan di sini. Sedikit meluangkan waktu menyaksikan hebatnya kebudayaaan Indonesia di zaman dahulu, arahkan kendaraan menuju Warungkondang dari Cianjur kota.

Dari sini telah tak sedikit petunjuk untuk ke situs Megalitikum Gunung Padang. Apabila berkunjung saat hari biasa, kendaraan pribadi dapat naik sampai ke depan loket. Tapi saat weekend, kendaraan wajib diparkir di bawah, dilanjutkan dengan berlangsung kaki alias menyewa ojek seharga Rp 15.000 untuk rute PP.


Demikianlah Artikel Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur

Sekianlah artikel Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur

Subscribe untuk dapatkan berita menarik lainnya:

0 Response to "Situs Gunung Padang Yang Menyerupai Piramida dari Cianjur"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini, komen ada akan sangat membantu bagi kami untuk menyempurnakan blog ini. Trima Kasih :)